Minggu, 30 Januari 2011

Media dan Reagensia

MacConkey Agar

MacConkeyAgar(MCA) ini dikembangkan oleh Alfred Theodore MacConkey
yang bekerja sebagai bakteriologi bagi Komisi Royal Pembuangan Limbah.

Temasuk jenis media apa?

Media selektif (selective medium) /media penghambat adalah media yang ditambah zat kimia tertentu yang bersifat selektif untuk mencegah pertumbuhan mikroba lain sehingga dapat mengisolasi mikroba tertentu, misalnya media yang mengandung kristal violet pada kadar tertentu, dapat mencegah pertumbuhan bakteri gram positif tanpa mempengaruhi bakteri gram negatif.

Media ini selain mengandung nutrisi juga ditambah suatu zat tertentu sehingga media tersebut dapat menekan pertumbuhan mikroba lain dan merangsang pertumbuhan mikroba yang diinginkan.

Contohnya adalah Luria Bertani medium yang ditambah Amphisilin untuk merangsang E.coli resisten antibotik dan menghambat kontaminan yang peka, Ampiciline Salt broth yang ditambah NaCl 4% untuk membunuh Streptococcus agalactiae yang toleran terhadap garam.
Media ini dipakai untuk menyeleksi mikrorganisme sesuai dengan yang diinginkan, jadi hanya satu jenis mikrorganisme saja yang dapat tumbuh dalam media ini atau hanya satu kelompok tertentu saja.

MacConkey agar bersifat selektif dan diferensial. Media ini mengandung garam empedu dan pewarna kristal violet, yang menghambat pertumbuhan bakteri gram positif dan menseleksi bakteri gram negatif. Media ini juga berisi karbohidrat laktosa, yang memungkinkan pembedaan bakteri gram negatif berdasarkan pada kemampuan mereka untuk memfermentasi laktosa. Organisme yang memfermentasi laktosa menghasilkan produk akhir asam yang bereaksi dengan indikator pH merah netral dan menghasilkan warna merah muda.
Koloni lain (S. aureus; P. aeruginosa dan Salmonella), bila tumbuh tidak akan berwarna karena tidak mampu memfermentasi laktosa. Mikroba lain yang dapat tumbuh pada media ini antara lain Enterobacter;Proteus; Salmonella; Shigella, Aerobacter; Enterococcus.
MacConkey agar Disimpan pada suhu +15°C hingga +25°C dan pada pH 6.9 - 7.4


 


 

MacConkey Agar Plate (MC)






 



 

Bagaimana reaksi MacConkey agar jika ditumbuhi bakteri?

Untuk isolasi selektif, budidaya dan diferensiasi dari patogen enterik coliformsand berdasarkan kemampuan memfermentasi laktosa. Organisme yang memfermentasi laktosa muncul sebagai koloni merah ke merah muda. Sedangkan organisme yang tidak memfermentasi laktosa muncul sebagai koloni transparan atau tidak berwarna.







Koloni yang dapat memfermentasi laktosa akan tumbuh menjadi koloni berwarna merah muda pada media MacConkey Agar Plate (MC)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar